Sebelum Anda memilih opsi pembayaran Cicilan Tanpa Kartu Kredit, harap mempelajari terlebih dahulu ketentuan berikut ini: dengan seksama:

A. Umum

  1. Cicilan Tanpa Kartu Kredit hanya dapat digunakan oleh Pembeli yang terdaftar sebagai Pengguna Tokopedia.
  2. Dengan menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Pengguna memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi yang tertera di form aplikasi, atau informasi lainnya jika diminta, kepada Partner.
  3. Dengan menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Pengguna setuju untuk mengikuti setiap proses selama pengajuan pinjaman sesuai dengan sistem dan alur yang ditentukan oleh Tokopedia dan Partner, serta setuju untuk menghormati keputusan dari Partner.
  4. Dengan menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Pengguna dianggap telah menyetujui dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini dan Ketentuan Situs serta syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Partner.
  5. Dalam pengajuan Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Partner dapat mengenakan biaya tambahan terhadap Pengguna.
  6. Pengguna memberikan wewenang kepada Partner untuk memberikan informasi kepada Tokopedia mengenai status cicilan serta status pembayaran cicilan setiap bulannya selama masa pinjaman berlangsung.
  7. Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila ditemukan tindakan kecurangan dari Pengguna.

B. Cicilan Kredivo

  1. Pengguna yang dapat menggunakan Cicilan Kredivo apabila:Sudah memiliki akun terdaftar Kredivo.Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).Berusia 18 - 60 tahun.Berdomisili di wilayah sebagaimana yang disebutkan pada FAQ Cicilan Kredivo. Apabila Pengguna tidak bertempat tinggal pada salah satu domisili tersebut maka Kredivo berhak menolak pengajuan pinjaman yang diajukan oleh Pengguna.Memiliki minimum pendapatan sebesar Rp 3.000.000,- (tiga juta Rupiah) per bulan.
  2. Metode pembayaran dengan Kredivo hanya berlaku untuk minimal transaksi sebesar  Rp 1.000.000,- (satu juta Rupiah) dan maksimum total transaksi sebesar Rp 30.000.000,- (tiga puluh juta Rupiah).
  3. Pembeli yang telah memilih metode pembayaran dengan Kredivo dapat melakukan refund dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari setelah pembayaran berhasil.
  4. Pembeli yang memilih metode pembayaran dengan Kredivo untuk jangka waktu 3 (tiga) hingga 12 (dua belas) bulan akan dikenakan bunga sebesar 2.95% (dua koma sembilan puluh lima persen) per bulan.
  5. Pembeli yang memilih metode pembayaran dengan Kredivo untuk jangka waktu 30 (tiga puluh) hari dengan nilai maksimum transaksi sebesar Rp 3.000.000,- (tiga juta Rupiah) akan dikenakan bunga sebesar 0% (nol persen) per bulan.

C. Cicilan Home Credit

  1. Pengguna yang dapat menggunakan Cicilan Home Credit adalah:Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP;Berumur minimum 21 tahun atau 19 tahun bila sudah menikah;Bertempat tinggal di area layanan Home Credit;Memiliki penghasilan tetap; danMemiliki telepon genggam yang bisa digunakan untuk melakukan swafoto atau selfie.
  2. Cicilan Home Credit dapat digunakan sebagai metode pembayaran untuk transaksi melalui Situs/Aplikasi, kecuali untuk produk sebagai berikut:     a. Produk Digital; dan     b. Produk Keuangan.
  3. Minimum transaksi pembelian menggunakan Cicilan Home Credit adalah Rp1.500.000 (satu juta lima ratus ribu Rupiah) dalam 1 (satu) kali transaksi/checkout.
  4. Maksimum transaksi pembelian menggunakan Cicilan Home Credit adalah Rp10.000.000 (sepuluh juta Rupiah) dalam 1 (satu) kali transaksi/checkout.
  5. Hasil pengajuan Cicilan Home Credit akan disampaikan dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam setelah pengajuan diterima oleh Home Credit.
  6. Pengguna akan menghormati kewenangan Home Credit untuk memutuskan persetujuan atau penolakan pengajuan aplikasi pembiayaan Cicilan Home Credit.
  7. Pengguna yang disetujui pengajuannya akan menerima SMS berisi alamat tautan (link) untuk melakukan tanda tangan perjanjian pembiayaan multiguna yang disediakan oleh Home Credit secara elektronik.
  8. Home Credit akan mengenakan biaya admin sebesar Rp99.000 (sembilan puluh sembilan ribu Rupiah)  untuk setiap pengajuan yang disetujui yang wajib dibayarkan oleh Pengguna.
  9. Home Credit akan mengenakan biaya cicilan sebesar Rp5.000 (lima ribu Rupiah) per bulan kepada Pengguna.
  10. Home Credit akan mengenakan biaya bunga sebesar 2,99% (dua koma sembilan puluh sembilan persen) dari nilai pembiayaan per bulan kepada Pengguna.
  11. Apabila dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender setelah tanggal transaksi terjadi pembatalan transaksi, maka Home Credit akan membuat perjanjian pembiayaan multiguna yang baru.
  12. Perjanjian pembiayaan multiguna yang baru tersebut akan memiliki jumlah pembiayaan dan angsuran bulanan yang telah disesuaikan dengan nominal transaksi setelah adanya pembatalan.
  13. Pengguna wajib menandatangani secara elektronik perjanjian pembiayaan multiguna yang baru melalui link yang dikirimkan oleh Home Credit. Setelah perjanjian pembiayaan multiguna yang baru ditandatangani secara elektronik, perjanjian pembiayaan multiguna yang lama akan dibatalkan.
  14. Apabila Pengguna belum menandatangani perjanjian pembiayaan multiguna yang baru dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak perjanjian diterima, maka perjanjian pembiayaan multiguna yang lama akan mengikat Pengguna sepenuhnya. Home Credit akan mengirimkan sisa pembiayaan senilai transaksi yang dibatalkan ke rekening Pengguna yang terdaftar di Home Credit.
  15. Dalam kondisi ini, Pengguna wajib menyampaikan bukti penggunaan pembiayaan (kwitansi) kepada Home Credit dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak perjanjian pembiayaan multiguna ditandatangani.
  16. Pengguna wajib melakukan pembayaran angsuran bulanan kepada Home Credit secara tepat waktu sesuai dengan jumlah dan prosedur yang tercantum dalam perjanjian pembiayaan multiguna yang ditandatangani oleh Home Credit dan Pengguna, guna menghindari denda keterlambatan pembayaran angsuran bulanan.
  17. Pembayaran angsuran dapat dilakukan melalui Situs/Aplikasi Tokopedia maupun melalui kanal pembayaran lain yang ditunjuk oleh Home Credit. Informasi lebih lanjut terkait dengan cara dan/atau saluran pembayaran angsuran Home Credit melalui Situs/Aplikasi Tokopedia dapat dilihat dalam laman Pembayaran Angsuran Home Credit.
  18. Jika pada saat jatuh tempo pembayaran angsuran, barang belum diterima oleh Pengguna dan/atau masih dalam Pusat Resolusi Tokopedia, Pengguna tetap memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran angsuran kepada Home Credit sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian pembiayaan multiguna.
  19. Ketentuan lebih lanjut mengenai pengajuan Cicilan Home Credit dapat dilihat di perjanjian pembiayaan multiguna antara Pengguna Dengan Home Credit.
  20. Pengguna menyetujui dan secara sukarela memberikan wewenang serta kuasa penuh kepada Tokopedia untuk memberikan, meneruskan, mentransfer, mengungkapkan informasi, data pribadi dan/atau data relevan lainnya yang terdapat pada laman formulir pengajuan Cicilan Home Credit dalam Situs/Aplikasi kepada Home Credit sehubungan dengan pembiayaan multiguna yang diajukan oleh Pengguna kepada Home Credit.

D.   BRI CERIA

  1. Pengguna yang dapat menggunakan BRI CERIA adalah Pengguna yang juga terdaftar sebagai nasabah Bank BRI dan telah memiliki akun BRI CERIA.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa proses pengajuan, penerimaan, dan penolakan pembayaran menggunakan BRI CERIA merupakan kewenangan BRI.
  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa BRI berhak untuk melakukan penangguhan, pembatalan, atau koreksi pembayaran kepada Pengguna apabila ditemukan indikasi kecurangan, penyalahgunaan, maupun pelanggaran syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh BRI.
  4. BRI menyediakan plafond BRI CERIA yang akan ditentukan berdasarkan kebijakan dan persyaratan yang ditentukan oleh BRI, dimana minimum nominalnya adalah sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu Rupiah) dan maksimal nominalnya adalah sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah).
  5. Pembeli yang memilih layanan BRI CERIA akan dikenakan bunga sebesar 2,25% (dua koma dua puluh lima persen) per bulan dari pokok angsuran yang belum terbayar dan biaya layanan sebesar 1,5% (satu koma lima persen) per transaksi.
  6. Apabila terjadi keterlambatan pembayaran angsuran, maka Pengguna akan dikenakan Biaya Keterlambatan sebesar 3% (tiga persen) dari pokok angsuran yang belum terbayar pada bulan itu, atau maksimal sebesar Rp 150.000,- (seratus lima puluh ribu Rupiah).
  7. Apabila Pembeli mengajukan pembatalan dan/atau refund atas transaksi pembelian, baik itu sebagian maupun seluruhnya, maka atas nominal transaksi pembelian yang diajukan pembatalan dan/atau refund tersebut akan dikembalikan ke limit BRI Ceria Pembeli disertai adanya pemberitahuan kepada Pembeli.
  8. BRI CERIA dapat digunakan sebagai metode pembayaran untuk transaksi melalui Situs/Aplikasi, kecuali untuk produk sebagai berikut:Produk Digital, hanya terbatas pada Top up OVO/e-money, pembayaran PBB, pembayaran BPJS, pembayaran Angsuran Kredit, pembayaran Tagihan Kartu Kredit, pembayaran Retribusi, Zakat, dan Donasi; danProduk Keuangan, hanya terbatas pada Reksa Dana, Tokopedia Emas, dan Asuransi.
Did this answer your question?