Apabila Anda mengalami hal ini, harap jangan panik. Dalam transaksi online seperti Bridestory Pay ataupun transaksi online lainnya/ sejenis misalnya menggunakan mesin EDC, hal seperti ini lumrah terjadi (walaupun tidak sering).

Berikut ini adalah beberapa gambaran yang dapat membantu Anda dalam memahami hal ini secara lebih detail/ teknis:

  • Transaksi Anda kemungkinan telah berhasil dari pihak bank, tetapi sistem tidak merespon status tersebut. Hal ini bisa dikarenakan oleh kendala jaringan atau hal lain yang berada diluar sistem kontrol kami. 
  • Apabila hal seperti ini terjadi, maka demi alasan keamanan Tokopedia akan secara otomatis mengembalikan transaksi tersebut ke kartu kredit Anda (refund atau biasa juga dikenal dengan istilah posting manual). Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari kerugian materiil yang seharusnya tidak terjadi.
  • Perlu dipahami bahwa proses refund (posting manual) memerlukan proses 3-14 hari kerja. Hal ini tergantung dari bank yang bersangkutan, dimana setiap bank pastinya memiliki kebijakan masing-masing, serta mekanisme yang berbeda dalam melakukan proses tersebut. 
  • Masih menyambung poin mengenai proses refund (posting manual) memerlukan proses 3-14 hari kerja,  perlu diketahui juga bahwa jika tanggal cetak billing Anda berdekatan dengan berlangsungnya proses ini, maka terdapat kemungkinan transaksi tersebut masih dapat ditagihkan di billing Anda pada bulan tersebut. Sekali lagi, Anda tidak perlu panik/ khawatir karena hal ini bersifat sementara. Berikut skenario yang dapat Anda lakukan jika transaksi ditagihkan pada bulan tersebut:
  1. Jika di bulan tersebut hanya ada tagihan dari transaksi Bridestory Pay saja, Anda dapat membayarkan minimum payment yang tertera di billing Anda untuk menghindari timbulnya bunga ataupun denda (bayarkan tagihan kartu kredit Anda sesuai jatuh tempo dari bank)
  2. Sedangkan, dalam hal ada tagihan lain selain transaksi Bridestory Pay, maka bayarkan tagihan lain tersebut dan abaikan transaksi Bridestory Pay Anda. Namun, jika total transaksi lain ternyata lebih kecil dari total minimum payment yang tertera di billing Anda, maka tetap bayarkan dulu sesuai minimum payment yang tertera dan sesuai jatuh tempo dari bank.
  • Jika setelah 3-14 hari kerja transaksi tersebut belum dikembalikan ke limit kartu kredit Anda, harap segera menghubungi Customer Care kami untuk bantuan lebih lanjut. Begitu pula halnya jika transaksi tersebut telah dikembalikan ke limit kartu kredit Anda, tetapi ada bunga atau denda yang dikenakan atas transaksi tersebut. Tim kami akan berkomitmen membantu Anda dalam menangani penghapusan bunga dan denda tersebut di bulan berikutnya.
  • Dalam hal Anda perlu melakukan transaksi ulang di hari yang sama atau dalam waktu dekat, tetapi hal ini menghambat Anda karena limit kartu kredit yang telah terdebet, maka Anda dapat mengambil satu dari alternatif berikut:
  1. Gunakan kartu kredit lain yang limitnya masih mencukupi
  2. Pilih metode pembayaran lain yang tersedia 
  3. Jika Anda tetap ingin menggunakan opsi cicilan 0% di kartu kredit yang sama, Anda dapat berkonsultasi dengan pihak bank apakah memungkinkan untuk mengajukan kenaikan limit sementara sehubungan dengan transaksi Bridestory Pay Anda.

Did this answer your question?